Bisnis Kita Semua

Photobucket

Kamis, 10 Januari 2013

Pola Makan Balita

Banyak hal yang bisa dilakukan untuk membantu si kecil makan dan mendapatkan nutrisi yang ia butuhkan. Siapkan menu yang menarik dan berkreasi lah dengan menu-nya.

Memberi makan balita membutuhkan kesabaran dan kreatifitas. Banyak para ibu yang mengeluh lantaran balita mereka menolak untuk makan dan sangat selektif dengan makanan yang disajikan. Hampir semua balita memiliki kebiasaan untuk menyukai satu jenis makanan saja dalam satu hari. Selain itu, sayuran atau buah menjadi makanan yang paling sulit untuk mereka sukai. Padahal mereka juga membutuhkan vitamin dan serat yang ada dalam buah dan sayuran. Sebenarnya makanan apa saja yang dibutuhkan mereka dalam satu hari?

Seorang balita membutuhkan kalori sekitar 1000-1300 per hari. Tapi nyatanya, kebutuhan kalori ini akan sulit terpenuhi jika si kecil menolak untuk makan. Sehingga Anda pun harus pintar-pintar mengakali pola makannya, agar kebutuhan kalori mereka terpenuhi.

Balita biasanya belum tentu mau mengkonsumsi tiga kali makan besar dalam satu hari. Biasanya mereka hanya berselera untuk satu kali makan besar dan beberapa kali makan kecil atau camilan. Sehingga Anda juga bisa mengira-ngira berapa banyak makanan yang perlu Anda siapkan.

Berikut beberapa tips yang dapat digunakan untuk membantu mereka mendapatkan pola makan yang seimbang:

  • Tawarkan camilan dalam sebuah wadah besar yang menarik. Sajikan makanan dalam cup berwarna-warni, cetakan puding atau cetakan muffin, biarkan ia mengeksplorasi berbagai makanannya.
  • Buatkan saus dari berbagai jenis sayuran/daging. Berikan snack seperti roti, crackers atau sayuran dan sajikan bersama saus yang telah Anda buat dari berbagai jenis sayuran/daging.
  • Bentuk sandwich atau pizza dengan menggunakan cookie cutter, sajikan dalam porsi kecil.
  • Sajikan semua makanan dalam porsi kecil. Jangan pernah menyediakan porsi besar, sebab kapasitas perutnya masih cukup kecil. Jika ia tidak mau menghabiskan makanan, jangan simpan sisa makanannya. Coba tawarkan lagi makanan yang sama beberapa jam kemudian. Jika ia menolak, berikan makanan yang lain.
  • Berikan buah bergantian dengan sayur. Jika ia menolak mengkonsumsi sayur, coba berikan buah. Anda bisa memberikan pisang atau alpukat sebagai sumber energi disaat mereka menolak makanan besar, sehingga gula darah mereka dapat stabil dan mereka tidak menjadi rewel (cranky).

Tidak semua anak mau menerima makanan baru dengan mudah. Tapi Anda bisa terus mencoba memberikan hingga beberapa kali. Jika ia tidak mau makan berat tiga kali dalam sehari, berikan makan berat paling tidak satu kali. Anda bisa memberikan makanan kecil yang padat kalori dengan nutrisi yang seimbang untuk camilannya, misalnya risol, kroket, mie schotel, dll.

Hal terpenting yang harus Anda ingat mengenai pola makan si kecil adalah, selalu siapkan makanan dalam porsi kecil dan cek berat badannya setiap bulan. Jika berat badannya menurun, segera berkonsultasi dengan dokter anak, tapi selama berat badannya tidak menunjukkan penurunan, Anda tidak perlu khawatir.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar