Bisnis Kita Semua

Photobucket

Minggu, 13 Januari 2013

Tips Menyusui

Tips menyusui

Ikuti tips ini untuk menyusui dengan nyaman.

  • Duduklah dengan nyaman di kursi bila perlu gunakan bantal untuk menyangga punggung Ibu.

  • Peluk bayi Ibu dengan satu tangan. Usahakan kepala, bahu dan tubuhnya dalam posisi lurus, perutnya menempel ke tubuh Ibu. Posisi tubuh bayi ketika menyusui ini penting untuk kenyamanan bayi dan Ibu sendiri.

  • Sejajarkan hidung bayi dengan puting Ibu. Sentuh pipi bayi Ibu dengan jari Ibu agar ia menengok ke arah puting.

  • Setelah mulutnya membuka lebar, dekatkan mulut bayi ke puting payudara (bukan sebaliknya).

  • Bayi akan minum ASI dengan baik jika area areola (kulit gelap yang mengelilingi puting) berada didalam mulutnya. Bibir bawahnya menekuk ke dalam dan Ibu hanya melihat sedikit bibir atasnya di area areola. Dengarkan suaranya ketika menelan.

  • Jika bayi Ibu selalu menaruh tangannya di tempat yang menghalangi, atur tangannya kembali ke sisi badannya, atau berikan telunjuk Ibu agar bayi Ibu menggenggamnya.

Jangan panik jika bayi Ibu sesekali berhenti minum ASI. Hal ini wajar. Bila Ibu merasa tidak nyaman atau bayi tidak minum ASI dengan baik, mungkin hal ini disebabkan posisi yang kurang nyaman. Ibu juga dapat menggunakan bantal berbentuk U, untuk membantu menyangga bayi Ibu. Lihat gambar berikut untuk mengetahui beberapa posisi dalam menyusui. Bersabarlah, setelah dua atau tiga hari, Ibu bisa menemukan posisi menyusui yang paling nyaman untuk Ibu dan bayi.

Jika Ibu merasa bahwa bayi Ibu tidak minum ASI dengan benar, berbicaralah dengan bidan atau dokter anak anda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar